Home » » Tulisan Anda, Bisa Telanjangi Anda Sendiri!

Tulisan Anda, Bisa Telanjangi Anda Sendiri!

Written By Bang Sarjoni on Jumat, 14 Agustus 2015 | 01.29



Apakah kita termasuk salah satu penggemar jejaringan sosial semisal status atau komentar dalam Facebook, Twitter, BlackBerry Messager, Line, Istagram, We Chat bahkan artikel  atau opini. Pahamilah bahwa kata-kata yang dituliskan dalam media tersebut dapat membunuh diri kita sendiri.
Mengapa dikatakan demikian, karena pernah kita lihat di media atau jaringan sosial  hal tersebut justru disepelekan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Sementara ia tahu bahwa tulisannya tersebut akan membunuh dirinya sendiri. Toh, hal demikian masih juga ditemukan mulai dari penghinaan orang biasa sampai pada penghinaan presiden dan lain-lain.
Kita harus pahami bahwa tulisan kita adalah gambaran diri kita, maka dalam artian lain tulisan kita sebenarnya bisa menelanjangi diri sendiri, baik secara positif, maupun negatif. Tergantung arah dan garis tulisan kita. Bagaimana kalau menyembunyikan diri sendiri dengan menulis kebalikan dari keyakinan diri sendiri? Tetap saja akan tampak kita menelanjangi diri sendiri dengan tulisan yang kita anggap bukan diri Kita.
Sekarang zaman atau teknologi sudah canggih. Kita tidak bisa seenaknya saja membeberkan hal-hal yang berbaur negatif dalam media sosial. Mengapa demikian?
Karena di manakan keberadaan kita dan akun apa saja yang kita buat pasti dapat di browsing oleh pihak yang berwajib. Sementara kita tak pernah menyadari itu. Tidak ada yang melarang kita menulis di jejaringan sosiai, boleh saja kita menulis semau kita tapi apak kita berani mempertanggungjawabkannya. Untuk menghindari semua itu, maka menulislah atau berkomentarlah dengan komentar positif dan tidak merugikan orang lain dan diri kita sendiri.
Banyak hal yang bermanfaat yang dapat kita tulis/komentari melalui akun yang kita miliki di media sosial. Mulai dari artikel atau opini pendidikan, budaya dan sebagainya yang seharusnya kita bagikan kepada publik. Kadangkala opini atau tulisan yang kita buat akan menambah lebih eksis dan mudah dikenali banyak orang.
Berkenan dengan hal tersebut, sebaiknya menulislah sesuai dengan keyakinan, kekuatan, pikiran dan selera kita yang berdampak ke arah positif bukan negatif. Jika hal tersebut kita lakukan niscaya kita akan menjadi besar dan penulis besar karena sesuai dengan diri kita sendiri. Jangan sembunyikan diri kita kepada orang lain. Buka diri kita dengan apa adanya tidak membuat orang lain menjadi resah dengan komentar atau tulisan kita. Ingatlah,  tulisan kita pun akan mengalir sebagai gambaran diri kita yang utuh.
Bagi yang memiliki tulisan hebat, namun masih bersembunyi dengan anonim alias tanpa nama atau nama palsu. Sama saja halnya dengan kita menelanjangi diri kita sendiri dengan segelintir komentar di media sosial yang berbaur kearah negatif. 

Salam Penulis  By: Repa Mustika

0 komentar:

Posting Komentar