Home » » Objek wisata air terjun telun berasap kabupaten kerinci

Objek wisata air terjun telun berasap kabupaten kerinci

Written By Bang Sarjoni on Selasa, 04 Februari 2014 | 13.30

Kerinci terkenal kaya akan objek wisata alam. Salah satunya adalah Air Terjun Telun Berasap. Selain memberikan kesejukan, Air Terjun Telun Berasap juga memiliki cerita unik yang belum terpecahkan. SUARA gemuruh air yang terhempas ke batu terdengar nyaring ketika sampai di kawasan perbatasan Kabupaten Solok, Sumatera Barat dengan Desa Telun Berasap, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci. Kepenatan setelah menempuh perjalanan panjang sejauh 60 km dari pusat Kota Sungaipenuh, seakan terbayar dengan indahnya panorama alam di kawasan tersebut. 

Dari kejauhan terlihat jelas Gunung Kerinci yang menjulang tinggi, dan deretan gunung tujuh yang terlihat menantang. Tak jauh dari jalan raya, terdapat Air Terjun Telun Berasap yang menjadi objek wisata unggulan Kabupaten Kerinci untuk menggaet wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Air terjun itu memiliki ketinggian sekitar 50 meter, bersumber dari air Danau Gunung Tujuh yang juga merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara.  

Sebagai bagian dari Gunung Kerinci dan Danau Gunung Tujuh, kehadiran Air Terjun Telun Berasap merupakan fantasi alam yang cukup menakjubkan. Masyarakat setempat memberikan nama Telun Berasap karena air terjun ini selalu diselimuti kabut asap, akibat air yang terhempas ke batu dan menguap. Untuk sampai ke lokasi air terjun, pengunjung harus menuruni ratusan anak tangga yang terjal. Di sepanjang anak tangga tersebut, terdapat pula pohon-pohon besar yang sudah berusia ratusan bahkan ribuan tahun.

0 komentar:

Posting Komentar